Agus Fatoni bersama Ratu Dewa Berjalan ke Taman Kota

Lingkungan  

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dan Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa di Taman Hutan Kota Wisata Punti Kayu. (FOTO: Humas Pemprov Sumsel)

Kepedulian Agus Fatoni terhadap lingkungan hidup juga dibuktikan saat Pemprov Sumsel mengundang 14 kepala sekolah dari seluruh Sumsel yang sekolahnya berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional Tahun 2023 yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Mereka diundang ke kantor Gubernur Sumsel pada 2 November 2023.

Komitmen Agus Fatoni terhadap kepeduliannya pada lingkungan hidup tidak perlu diragukan lagi. Belum genap tiga bulan menjabat Pj Gubernur Sumsel, kepedulian Agus Fatoni pada lingkungan hidup sudah terlihat nyata.

Namun perhatiannya pada taman kota dan hutan kota dengan mendatangi langsung Taman Wisata Alam Punti Kayu, Taman POM IX dan Taman Kambang Iwak bersama Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa dan berjalan di sana dapat dijadikan bukti sebagai kepala daerah yang mencintai lingkungan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada peninjauan tersebut Fatoni menyampaikan rencana, ke depannya akan dilakukan sejumlah revitalisasi pada sejumlah taman kota, berupa penambahan, perbaikan dan pembangunan dari fasilitas umum serta penanaman pohon-pohon di sekitar. Kolaborasi Agus Fatoni dan Ratu Dewa tentu akan memperindah dan memperelok Palembang sebagai Ibu Kota Provinsi Sumsel.

Taman Kota dan Pembangunan

Pada abad yang lalu NW McFarling Heimstra dalam “Environmental Psychology” (1978) memprediksi begini, “Keberadaan taman kota memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat di perkotaan. Setiap tahun banyak orang yang mengunjungi taman tersebut meningkat secara pesat, dan beberapa taman serta wilayah hutan telah mencapai titik jenuh dan diprediksikan akan mengalami peningkatan pada masa-masa yang akan datang”.

Ketika pembangunan yang pesat di wilayah perkotaan disertai dengan tingginya laju pertumbuhan penduduk yang berdampak pada penurunan kualitas lingkungan, prediksi tersebut benar adanya. Hampir seluruh kota di muka bumi ini punya taman kota, tidak peduli negaranya menganut ideologi politik apa pun?. Negara-negara eks komunis di Eropa Timur membangun taman dan punya taman, negara liberal, negara religius dan demokrasi semua punya taman kota.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image