Mau Tahu Film Biopik, Ayo Nonton Film Buya Hamka (Bagian 2 - Habis)

Budaya  

Film biopik Sang Kiai.

Film biopik ini dalam konteks penciptaan karya kreatif, (sastra) bertemu dengan industri media. Menurut Bambang Aris Kartika dalam “Sastra Biografi dan Film Biopik: Adaptasi Karya Kreatif Historiografi Biografi Indonesia antara Kepentingan Identitas Kebangsaan dan Fetisisme Komoditas ( Kajian Atas Penakluk Badai Novel Biografi K.H. Hasyim Asy’ari dan Film Sang Kiai)” (2017), maka sastra dan film memiliki peran penting dalam membangun kesadaran kolektif dan ingatan sejarah akan peran besar para tokohnya dalam konsepsi nasionalisme yang selama ini dalam penulisan sejarah Indonesia termarginalkan karena terhegemoni oleh peran-peran militer dan tokoh-tokoh nasionalis sekuler melalui media teks naratif maupun teks audiovisual.

“Kehadiran sastra biografi dan film biopik menjadi krusial di tengah menguatnya pemimpin yang populisme anti Islam dan makin permisifnya terhadap sikap primordialisme di tengah krisis keteladanan kepemimpinan,” tulis Bambang Aris Kartika.

“Sebuah film biopik, apalagi menyangkut tokoh sejarah, sesungguhnya adalah sebuah kisah sejarah kemanusiaan. Film biopik memanusiakan manusia dalam jejak sejarahnya. Setelah menonton film biopik seorang tokoh sejarah, kita tidak sekedar menerima peristiwa-peristiwa sejarah saja, tetapi juga dapat mengetahui, merasakan dan memahami bagaimana seorang manusia yang diangkatnya kisahnya dalam film berinteraksi dengan lingkungan, keluarga dan sosialnya,” tulis wartawan senior yang juga kritikus film Wina Armada Sukardi dalam tulisnya berjudul “Sejarah Memanusiakan Manusia Buya Hamka.”

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Film “Buya Hamka” merupakan film biopik yang amat menarik. Film ini berbeda dengan film biopik pendahulunya, film besutan sutradara Fajar Bustomi ini dikemas dalam tiga bagian. Untuk melengkapi dahaga tentang film biopik, maka film ini harus ditonton sampai tuntas, dalam tiga serial.

Wina Armada menulis, ”Film “Buya Hamka“ merupakan film biopik besar dan luas dari tokoh tersebut. Direncanakan film akan terbagi dalam tiga bagian, dari volume 1, 2 sampai volume 3.”

Bambang Aris Kartika menarik kesimpulan, bahwa film biopik adalah karya fiksi kreatif yang bersumber pada sejarah yang dapat berasal dari historiografi Indonesia, terutama berdasarkan tiga hal penting dalam sejarah, yaitu peristiwa, tokoh dan periode waktu.

Film Buya Hamka hadir sebagai media yang memiliki fungsi seni hiburan massa, juga mengandung tatanan ideologi yang sarat dengan ikonik-ikonik dan simbolik-simbolik yang bersifat idealisme representatif. Kesadaran tentang bangkitnya berbangsa kembali digairahkan oleh film biopik atau film epik tentang kepahlawanan. (maspril aries)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image