Masjid Agung Kubah Timah di Pangkalpinang Telah Diresmikan

News  
Masjid Agung Kubah Timah Ikon Religi Kota Pangkalpinang. (FOTO : IG @maulanaklil)

KAKI BUKIT – Pangkalpinang ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memiliki ikon baru, yang merupakan ikon religi yakni Masjid Agung Kubah Timah (MAKT) yang terletak di jalan Jendral Sudirman.

Hari ini, Jumat, 10 November 2023 masjid yang dimulai pembangunannya pada September 2022 diresmikan Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil dan akan digunakan untuk salat Jumat perdana.

Desain masjid ini sangat jauh berbeda dengan masjid-masjid lain pada umumnya yang ada Pangkalpinang atau di Provinsi Babel. Masjid yang berdiri di atas lahan lebih dari 5.000 meter persegi ini, bentuk dan desainnya sangat indah dan megah. Wana putih timah yang mendominasi atap kubah membuat MAKT ini sangat elok dipandang mata pada siang atau malam hari.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Di laman instagram @maulanaklil Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil menulis “Sebagai provinsi penghasil timah terbesar di Indonesia, Bangka Belitung dengan Ibukota Pangkalpinang, mempunyai ikon dengan hasil buminya, timah. Berdiri megah Masjid Agung Kubah Timah di pusat kota Pangkalpinang. Bisa menampung 1000 lebih jemaah, bersebelahan dengan gereja tertua Maranatha, melambangkan kerukunan umat beragama yang ada di pangkalpinang, Bangka Belitung. Alhamdullilah”.

Peresmian MAKT yang didesain Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat 2018 – 2023) ditandai dengan pemukulan beduk dan penandatangan prasasti oleh Wali Kota Maulan Aklil. Usai peresmian dilanjutkan denan tabligh akbar Ustaz Dasad Latif yang dihadiri masyarakat Babel.

Menurut Wali Kota Maulan Aklil kubah didesain dengan merujuk pada bentuk dulang khas Bangka Belitung. Masjid ini bernama Masjid Agung Kubah Timah tidak seluruh kubahnya terbuat dari timah, hanya pada puncak kubah ada bentuk bulan bintang yang dilapisi timah.

“Kalau mau semuanya terbuat dari timah, roboh masjid ini tidak akan kuat menahannya. Bulan dan sabit di atas kubah beratnya sekitar 300 kilogram. Bayangkan kalau semuanya mau kita pasang timah”, katanya.

Wali Kota Maulan Aklil yang akan segera mengakhiri masa jabatannya sebagai kepala daerah menjelaskan bahwa nama Masjid Agung Kubah Timah menjadi ikon baru. Telah ratusan tahun timah ada di Bangka Belitung tapi kita tidak memiliki ikon dari timah”, ujarnya.

Wali Kota yang akrab disapa Molen menjelaskan, setelah pembangunan saat ini, akan dilanjutkan dengan pembangunan kubah yang ketiga, keempat dan kelima. “Imam masjid dan marbot-nya juga sudah kita siapkan setelah diseleksi dari orang-orang terpilih bukan kaleng-kaleng”, katanya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image