Masjid Agung Kubah Timah di Pangkalpinang Telah Diresmikan

News  

Masjid Agung Kubah Timah Pangkalpinang. (FOTO : IG @maulanaklil)

Kehadiran Masjid Agung Kubah Timah melengkapi keberadaan masjid yang sudah lebih dulu ada di Pangkalpinang. Sebelumnya sudah ada Masjid Jamik Pangkalpinang yang lebih dahulu menjadi ikon religi ibu kota Provinsi Babel dan telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Masjid ini dibangun tahun 1932.

Kemudian ada Masjid Raya Tuatunu yang menjadi salah satu masjid terbesar di Pangkalpinang dengan daya tampung lebih dari 2.000 jemaah. Masjid ini memiliki desain kubah yang unik terinspirasi oleh “tudung saji”. Tudung saji memiliki arti “tudung” (tutup) dan “saji” menyajikan makanan. Tudung saja menjadi ornamen jati diri Serumpun Sebalai sebut untuk Provinsi Babel.

Dipilihnya desain dari Ridwan Kamil menurut Maulan Aklil di laman instagram menuliskan pertemuannya pada tanggal 17 Maret 2021, “Kami Pemerintah Kota Pangkalpinang meminta bantuan konsep dan desain “Masjid Agung Kubah Timah” kepada Bapak Gubernur Jawa Barat @ridwankamil yang berlokasi di bekas “gudang beras” depan alun-alun Lapangan Merdeka.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Allhamdulilah kami disambut dengan baik, hasil dari diskusi,konsep dan desain beliau “sangat luar biasa”sekali lagi terima kasih Pak Gub @ridwankamil”.

Dalam desainnya Masjid Agung Kubah Timah, memiliki luas 2000 meter persegi dapat menampung 1.200 jemaah. Masjid yang desain awalnya memiliki lima kubah, untuk pembangunan tahap I telah selesai pembangunan tiga kubah. Kubah utama untuk tempat ibadah salat, dua kubah lainnya merupakan tempat wudhu pria dan wanita. Di bawah kubah tempat wudhu pria juga ada kantor masjid. Juga tersedia plaza.

Masjid Pusat Koln, Jerman. (FOTO : Maspril Aries)

Dengan kubah yang melengkuk, desain Masjid Agung Kubah Timah mengingatkan pada desain Masjid Koln di Jerman. Masjid ini dibangun tahun 2009 dan menjadi masjid terbesar di Jerman. Desain masjid ini juga berbentuk seperti kubah dibangun 2009 ini tercatat sebagai masjid terbesar dan termegah di Jerman.

Masjid Pusat Köln (Zentralmoschee Köln) berukuran 4500 meter persegi dan mampu menampung 1.200 jemaah. Masjid yang dibangun oleh organisasi muslim Turki DiTiB ini dilengkapi perpustakaan, tempat kursus, ruang seminar, pusat olah raga, kantor serta pertokoan. (maspril aries)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image