Bisnis

Gas Jadestone Energy dari Lapangan Akatara Mengalir ke PLN Batam


Lapangan Akatara di Tanjung Jabung Barat, Jambi. (FOTO: https://www.jadestone-energy.com/)
Lapangan Akatara di Tanjung Jabung Barat, Jambi. (FOTO: https://www.jadestone-energy.com/)

Pembangunan Akatara Gas Processing Facility and Sales Gas Pipeline Project telah dilakukan sejak September 2022. Kemudian pada 18 Juni 2024, Jadestone telah menyelesaikan mechanical completion dan dilanjutkan dengan pengaliran gas perdana dari sumur ke dalam fasilitas pada tanggal 22 Juni 2024.

Hudi D Suryodipuro menjelaskan, SKK Migas akan terus mendorong kontraktor kontrak kerja sama (KKKS), termasuk Jadestone Energy (Lemang) Pte. Ltd, tidak hanya membangun fasilitas gas komersialisasi, tetapi juga memperluas ekplorasi wilayah baru di Provinsi Jambi.

Jadestone Energy plc merupakan perusahaan hulu migas independen yang berfokus di kawasan Asia-Pasifik. Perusahaan ini memiliki portofolio aset yang sudah berproduksi dan terdiversifikasi di Australia, Malaysia, Indonesia, Thailand dan Vietnam.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lapangan gas Akatara, Blok Lemang diperkirakan mengandung sumber daya kotor 2C sebesar 63,74 Bscf sales gas, 2,45 MMBbls kondensat, dan 5,64 MMboe LPG. Jadestone telah menandatangani perjanjian jual beli gas untuk Lapangan Akatara dengan PT PLN Batam sebagai pembeli pada 2021.

Pada laman https://www.jadestone-energy.com/operations/indonesia/ tertulis: Lemang PSC terletak di daratan Sumatera, dekat dengan infrastruktur transportasi gas utama.

Ladang gas Akatara secara independen diperkirakan mengandung sumber daya bruto 2P (sebelum mendapat dukungan pemerintah daerah) sebesar 81 bscf gas penjualan dan 12,3 mmbbls LPG dan kondensat, yang setara dengan gabungan sumber daya bruto 2P sebesar 25,8 mmboe.*

Akatara Field berlokasi di Blok Lemang dioperasikan oleh Jadestone Energy Lemang Pte. Ltd. Lapangan Akatara sebelumnya telah beroperasi dengan memproduksikan minyak sejak tahun 2016 hingga 2019. Namun demikian, berdasarkan hasil pengeboran pada tahun 2017 hingga 2018, ditemukan cadangan gas yang ekonomis.

Lapangan Akatara sebagai bagian dari Blok Lemang terletak di Cekungan Sumatera Selatan yang dikenal juga sebagai salah satu cekungan tersier di Indonesia dan telah terbukti mengandung hidrokarbon di dalamnya. (maspril aries)

Berita Terkait

Image

Banjir Landa Sumsel, Pertamina Pertamina EP Pendopo Field Bantu Korban Banjir Mura

Image

Berburu Migas di Laut Dalam dan Sejarah Migas

Image

Ada Tenun Serat Nanas Prabumulih dengan ATBM Pertamina

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA