Salju Berlalu Bunga Tulip pun Mekar di Keukenhof

Wisata  
Gerbang masuk taman bunga tulip Keukenhofdi Belanda. (FOTO-FOTO : Maspril Aries/ Dok)

KAKI BUKIT – Kerap disebut “negeri kincir angin” atau Belanda, atau Holland, atau Nederland adalah negara yang identik dengan bunga tulip. Di Belanda ada ratusan jenis bunga tulip yang hanya tumbuh saat musim semi atau setelah musim dingin berlalu.

Bunga tulip tidak hanya tumbuh di Belanda, bunga tulip juga bisa ditemukan di Turkiye. Bunga yang memiliki nama latin Tulipa akan tumbuh dan berkembang setelah musim dingin dengan saljunya berlalu, tibalah musim semi.

Kini musim semi telah tiba, tulip di Belanda telah berbunga. Sekarang adalah saat yang tepat berkunjung ke Belanda. Jika sekedar ingin melihat bunga tulip bisa saja datang ke Turkiye atau Belgia. Tulip juga tumbuh dan berkembang di negara-negara Asia seperti China, Jepang dan India. Bunga tulip juga bisa dijumpai di Amerika Serikat dan Kanada.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menikmati keindahan aneka bunga tulip.

Tulip itu berasal dari Asia Tengah, tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan. Khusus yang di Belanda tulip atau umbi bunga tulip berasal dari Turkiye.

Walau tulip tumbuh di beberapa negara, namun di Belanda yang memiliki kebun atau taman bunga tulip terluas di dunia ada pada satu area. Pergilah ke Belanda jika ingin melihat kebun bunga tulip terluas dengan ratusan jenis bungai tulip yang tengah mekar. Di Belanda tidak setiap waktu tulip berbunga, mekar dan indah.

Taman bunga tulip itu bernama Keukenhof yang terletak Lisse. Ribuan bunga tulip aneka jenis dan warna di sana tengah melukis alam negeri kincir angin. Perjalanan menuju melihat keindahan di Keukenhof bermula dari Hotel Park Plaza Amsterdam dekat bandara Schiphol.

Desain susunan bunga tulip aneka jenis menebar warna dan keindahan.

Perjalanan dari Amsterdam ke Keukenhof yang berjarak sekitar 40 km butuh waktu sekitar 30 menit menggunakan bus privat. Jika berangkat dari bandara Schiphol ada bus khusus Keukenhof Express yang menuju ke taman bunga yang kerap dijuluki Garden of Europe. Berangkat dari Schiphol menggunakan bus dikenakan tarif 29 Euro sudah termasuk untuk tiket masuk Keukenhof.

Tahun 2023 manajemen Taman bunga Keukenhof telah mengumumkan, kebun dan taman dihamparan luas lebih dari 200 hektare tersebut telah dibuka. “Tahun 2023 kami menyambut kembali kedatangan pengunjung internasional,” kata Direktur Keukenhof Jeroen Duyster.

Sejak 23 Maret 2023 taman bunga tulip Keukenhof telah dibuka untuk wisatawan lokal dan mancanegara. Menurut Jeroen Duyster, ada 7 juta umbi bunga ditanam pada musim dingin lalu dan pada musim semi ini telah berbunga.

Bukan hanya bunga, umbi yang jadi cikal bakal tulip juga dipamerkan.

Untuk menanam umbi bunga tulip di Keukenhof oleh petugas kebun dilakukan dengan manual, tidak menggunakan mesin. “Keukenhof didirikan bagi petani bunga Belanda untuk menunjukkan produk mereka kepada dunia, dan taman bunga ini telah sukses menjadi daya tarik wisata,” ujar Jeroen Duyster

Di laman website Keukenhof tertulis “The most beautiful spring garden in the world!” Benar adanya Keukenhof adalah taman musim semi terindah di dunia.

Taman Keukenhof pertama kali dibuka tahun 1950. Namun pada tahun 2020 dan 2021 lalu sempat ditutup karena virus corona atau Covid-19 yang melanda dunia. Tahun 2020 taman bunga tulip Keukenhof tengah berduka. Sama seperti negara-negara di dunia berduka karena pandemi virus corona.

Manajemen taman bunga tulip Keukenhof menyatakan taman bunga terluas di dunia yang terletak di Lisse, South Holland, dijadwalkan mulai dibuka untuk pada 21 Maret 2020, namun kemudian diputuskan ditutup sebagai dampak dari virus corona. Di laman websitenya terpampang kalimat “Keukenhof is closed We hope to see you in 2021!”

Jelas kecewa ketika tidak bisa masuk ke taman bunga tulip Keukenhof yang pada tahun 2020 adalah edisi ke 71 mengusung tema A World Of Colors. Jika datang ke sini, setiap tahun, maka taman bunga ini akan menampilkan tema berbeda dengan penataan bunga yang berbeda. Tahun 2019 mengusung tema Flower Power dan sebelumnya, tahun 2018 bertema Romansa. Tahun 2017 tema Desain ala Belanda, tahun 2016 tema Zaman Keemasan, tema Van Gogh tampil pada 2014.

Keukenhof Gardens setiap tahun selalu mengusung tema yang berbeda dan ini mencerminkan desain, dekorasi bunga, acara, karya seni, aktivitas lainnya sesuai tema yang diusung. Tahun 2022 lalu temanya “Bunga Klasik,” maka untuk tahun 2023 manajemen Keukenhof memutuskan mengusung beragam tema ketimbang fokus pada satu tema. Maka pameran bunganya tentu akan semakin beragam.

Keukenhof adalah pameran bunga internasional independen untuk sektor florikultur Belanda, dengan penekanan khusus pada umbi bunga. Setiap tahunnya jutaan umbi bunga musim semi ditanam, ada sekitar 7 juta umbi yang ditanam.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image