Salju Berlalu Bunga Tulip pun Mekar di Keukenhof

Wisata  

Ingat masuk taman bunga Keukenhof tidak gratis, mata uangnya Euro. Harga tiketnya cukup beragam, untuk tiket dewasa (18 tahun ke atas) 19.50 Euro, anaka usia 4 hingga 17 tahun sebesar 9 Euro. Tiketnya bisa dibeli di loket, bisa juga dibeli online melalui website taman bunga http://www.keukenhof.nl. Waktu kunjungnya cukup panjang sejak pukul 08.00 sampai 19.30 waktu Belanda.

Ada yang memberi tips, jika berkunjung ke taman bunga Keukenhof pilih waktu pagi hari atau sore. “Katanya, “cahaya matahari pagi dan matahari sore akan membuat hasil foto anda yang sangat bagus.”

Ada banyak sudut bunga tulip yang bisa dijelajahi di Keukenhof.

Dengan waktu yang sangat panjang bisa menjelajah setiap sudut area dengan berjalan kaki. Juga tersedia sepeda yang bisa disewa dengan tarif untuk sepeda dewasa selama tiga jam adalah 11 Euro untuk sepanjang hari 16 Euro. Tarif sepeda untuk anak berbeda, yaitu 8 Euro selama tiga jam dan 12 Euro sepanjang hari.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ada juga tersedia kapal atau perahu yang digerakkan listrik berkeliling taman selama 45 menit. Untuk tiket kapal “Whisper” ini tarifnya 10 Euro untuk dewasa dan 5 Euro untuk anak-anak.

Mereka yang datang ke sini, berada di taman bunga tulip Keukenhof berkisar antara tiga sampai empat jam untuk melihat keindahan dan berbagai atraksi. Mengingat areanya yang luas, jangan sampai tersesat saat mencari pintu keluar.

Saat masuk dan berkeliling taman bunga tulip Keukenhof usahakan berbekal peta taman yang bisa diperoleh gratis di depan pintu masuk. Apa lagi jika waktu berkunjung yang terbatas karena harus meneruskan perjalanan ke destinasi lain di Belanda. Butuh waktu yang lama berkeliling Keukenhof .

Tulip dan Legenda

Taman bunga Keukenhof di buka satu tahun sekali pada musim semi

Taman bunga Keukenhof (dalam bahasa Belanda berarti kebun dapur) adalah sebuah taman bunga yang terletak antara kota Hillegom dan Lisse, di selatan Haarlem dan barat daya Amsterdam. Taman yang terletak di daerah bernama Duin en Bollenstreek mulai didirikan tahun 1949 untuk menjadi tempat pameran bunga dari penjuru Belanda dan Eropa. Kini tempat tersebut menjadi taman bunga tulip yang dibuka setahun sekali.

Bunga tulip telah menjadi simbol dari Belanda dengan warnanya yang beraneka, ada banyak warna merah, kuning, putih dan ungu. Tulip yang memiliki nama latin Tulipa merupakan salah satu jenis tanaman berbunga yang termasuk ke dalam famili Liliaceae.

Bunga cantik ini awal mulanya tumbuh liar di pegunungan berhawa sejuk di Asia Tengah di kawasan bernama Tengri Tagh yang terletak pada perbatasan Kirgizstan dan Cina. Sejak abad ke-11 orang-orang Turki mulai piawai membudidayakannya.

Taman bunga tulip Keukenhof yang asri.

Bunga tulip adalah taman berumbi dengan tinggi antara 10 - 70 cm. Daunnya jenis daun berlilin yang runcing dan memanjang dengan warna hijau kebiruan, membuatnya terlihat sangat indah. Bunga dari tanaman tulip ini mempunyai ukuran cukup besar yang terdiri dari enam kelopak daun mahkota.

Di taman bunga tulip Keukenhof tercatat ada lebih dari 800 jenis/ spesies bunga tulip. Jelas kalau datang ke sana untuk menghitungnya, tak cukup hanya satu hari. Terdapat lebih dari 7 juta bunga tulip berbeda menebar pesonanya pada musim semi.

Dari lebih 800 jenis bunga tulip tersebut diantaranya, Single Late yaitu jenis tulip yang memiliki ukuran mahkota yang cukup kecil. Bunga ini akan mekar pada akhir bulan April, terkadang sudah masuk bulan Mei baru mekar.

Ada beragam aneka bunga tulip.

Ada jenis Double Late memiliki ciri khas tertentu dan berbeda dengan Single Late, kelopak bunganya berukuran lebih besar daripada jenis bunga tulip lainnya. Kemudian jenis Little Princess, tulip yang memiliki ukuran kecil atau mini yang merupakan hasil persilangan antara Tulipa Hageri dengan Tulipa Aucheriana.

Jenis bunga tulip Angelique yang disebut bunga yang paling cantik merupakan salah satu spesies tulip yang sangat terkenal. Jenis bunga ini termasuk bunga klasik, feminin, memiliki kelopak ganda dengan warna pink lembut yang tampak seperti peony. Ciri dari bunga ini yaitu memiliki kelopak yang penuh dan juga mewah, namun susunannya sedikit berantakan. Bunga ini berwarna pink muda hingga ke pink cerah.

Juga ada jenis Darwin Hybrid hasil persilangan bunga tulip jenis Fosteriana dengan bunga tulip berjenis Darwin. Bunga ini identik dengan ukurannya, yang jauh lebih besar dibandingkan dengan jenis tulip lainnya. Bunga ini menjadi pelengkap keindahan tanaman hias lainnya dan sering dijadikan sebagai bunga potong. Masih banyak jenis lainnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image